Kamis, 16 September 2010

MIGHTY FINGER | Band Indie Sukabumi


Nama Band : MIGHTY FINGER

Asal
: Sukabumi, Jawa Barat

Site
: http://www.myspace.com/mightyfinger

Personil
:

* Wet - Lead Vocal, Keyboard Synth (founder-present)
* Chan - Left Guitar, Vocal (founder-present)
* Iki - Right Guitar, Vocal (founder-present)
* Deni - Bass, Vocal (2009-present)
* Allen - Drum, Loop (2005-present)



Mighty Finger adalah boys band ugal-ugalan asal Kota Sukabumi, Jawa Barat. Dibentuk pada tanggal 1 Januari 2009 oleh 5 orang lelaki yang gemar mendengarkan berbagai macam jenis musik rock hingga pop yaitu Wet (Lead Vocal, Keyboard Synth), Chan (Left Guitar, Vocal), Iki (Right Guitar, Vocal), Deni (Bass, Vocal), Allen (Drum, Loop). Mighty Finger dalam arti bahasa Indonesia adalah Jari Perkasa. Filosofi Mighty Finger sendiri menuju pada semua jari tangan yang dimiliki oleh manusia, dengan 5 karakter jari yang berbeda-beda namun tetap memiliki fungsi yang saling melengkapi untuk membentuk suatu kekuatan. Dan bila diperumpamakan, anggota Mighty Finger adalah jari-jari tangan tersebut. Membentuk suatu kekuatan dengan harapan menjadi perkasa dalam menghadapi segala hal, dan tetap berdiri tegak dengan karya-karya yang mereka ciptakan.

Mighty Finger memulai karirnya sebagai boys band ugal-ugalan yang memainkan jenis musik pop punk sejak 1 Juni 2003 dengan nama awal Middle Finger. Dan sempat merilis 1 buah album penuh bertajuk Broken Heart Warriors pada bulan Agustus 2006 dibawah label rekaman mereka sendiri yaitu Sidik Jari Records. Serta sempat pula memeriahkan beberapa proyek album kompilasi seperti; Sukabumi Indie Star (Lavista Records, 2005), Sukabumi Eundeur (Head Banger Records, April 2008), Metal Vs Melodic (Left Behind Records, November 2008), Does This Look Like A Punk Compilation? (Eazy Records, Februari 2009).

Untuk album Broken Heart Warriors, album perdana tersebut berisikan 13 buah lagu (termasuk intro, outro, dan bonus track) dengan 3 single pendukungnya yaitu Tak Pernah Tahu, Sangat Aku Benci, Jati Diri. Album Broken Heart Warriors hanya diproduksi dalam bentuk kaset sebanyak 1000 kopi dan tidak pernah mereka perbanyak lagi, dimana 950 kopi kaset terjual habis dengan jalur pendistribusian yang tidak begitu luas yaitu hanya didaerah Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Tasikmalaya, Bandung, Denpasar, DKI Jakarta. Dan hanya didistribusikan melalui distro-distro, tangan ke tangan, dan acara-acara musik yang mereka singgahi. Sedangkan untuk audio visualnya mereka menerjunkan single pertama berjudul Tak Pernah Tahu sebagai video klipnya, dan sudah pernah tayang di MTV, TV lokal Jakarta, Bandung, Purwakarta, dan Sukabumi. Kebetulan video klip tersebut dikerjakan oleh teman-teman mereka dari Jakarta yaitu Punakawan Production.

Sebelum menuju akhir tahun 2006, mereka dinobatkan sebagai band indie terbaik Kota Sukabumi dalam ajang GAMMA Fest 3 Awards yang diadakan oleh organisasi musik sekolah milik siswa-siswi SMUN 3 Sukabumi, dan bekerjasama dengan pemerintah Kota Sukabumi dalam penyelenggaraannya. Setelah itu, mereka meluncurkan video footage clip dengan audio single kedua mereka berjudul Jati Diri pada akhir tahun 2006, dan hanya ditayangkan di TV lokal Sukabumi yaitu ATV pada awal tahun 2007. Video tersebut berisi beberapa potongan-potongan live video selama tahun 2006 sejak rilisnya album Broken Heart Warriors, dan dibuat oleh road manager sekaligus videographer mereka yaitu Usbeck (Electric Becks).

Setelah sempat vakum sejak pertengahan tahun 2007 sampai awal tahun 2008, mereka menggelar konsernya sendiri pada tanggal 8 Maret 2008 di bilangan Surade Kota, kabupaten Sukabumi. Dengan ratusan penonton yang sangat memadati tempat acara konser berlangsung, mereka membawakan 12 buah lagu yang diambil dari album pertamanya yaitu Broken Heart Warriors, dan 2 buah lagu baru yang sempat berkumandang di program indie beberapa stasiun radio Sukabumi.

Dan saat masih bernama Middle Finger, band ini sempat mengalami pergantian personil pada posisi drum dan bass yaitu; Eri (Drum) mengundurkan diri pada pertengahan tahun 2005, dan posisi drum digantikan oleh Allen. Kemudian disusul oleh Dena (Bass, Vocal) yang keluar pada tanggal 23 Agustus 2008, lalu digantikan oleh Deni. Namun Deni saat itu masih menjabat sebagai additional bass player hingga akhir bulan Desember 2008, sebelum akhirnya resmi menjadi anggota tetap band ini pada tanggal 1 Januari 2009, sekaligus pergantian nama menjadi Mighty Finger.

Sedangkan untuk konsep bermusik mereka mungkin agak berbeda sedikit dengan konsep yang dimainkannya saat masih bernama Middle Finger, dimana mereka pun masih mencoba meng-eksplor lebih luas lagi musiknya. Karena mereka memang penggemar dari semua jenis musik yang ada, selama itu berkualitas dan terporsi baik. Lirik-lirik yang mereka terjunkan kedalam materi-materi lagu mereka masih bercerita seputar isu-isu kehidupan yang ada disekitar mereka seperti; tikam menikam antar atau sesama, kehidupan yang penuh dilema, pencarian jati diri, mencoba bangkit dari keterpurukan, melawan detik kematian, persahabatan, percintaan, optimisme, dan lain-lain sebagainya.



ALBUM ( Saat Masih Middle Finger ) : BROKEN HEART WARRIORS (2006)



LAGU :
01.The Broken Story
02.Broken Heart
03.Tak Pernah Tahu
04.Tatkala
05.Semua Berkata
06.Sangat Aku Benci
07.Takkan Penah
08.The Longor
09.Wanita
10.Friendship
11.Jati Diri
12.Future
13.Sirikan

No comments yet