Kamis, 02 September 2010

Masalah Emoticon Komentar Tidak Muncul Pada Komentar Blog


Menanggapi beberapa pertanyaan yang saya terima dari kawan blogger saya tentang emoticon yang tidak muncul pada komentar setelah diketik.

"Mantap Kang tutorialnya sebenarnya saya sudah memasang emote di dalam komentar tpi kenapa tidak munculnya kalo diketik tandanya ya Kang, mohon pencerahan mkasih Kang, katanya sih gak sesuai dengan templatenya gitu, tpi saya masih ga mudeng Kang, mohon kalo ada pencerahan, mkasih Kang"


"Saya udah ny0ba Kang tpi ketika diketik emotenya nggak muncul di blog saya mohon pencerahan Kang, mkasih
"


Setelah saya coba meminta sample template dan mengotak-atik template tersebut, ternyata hasilnya ada beberapa template yang memiliki kode berbeda. Dibeberapa template kode yang saya temui seperti ini :

<dd class='comment-body'>


Namun ditemplate lain kodenya seperti ini:

<dd class='commenttext'>


Masalahnya ternyata pada perbedaan kode tersebut, sedangkan disemua file Js yang menyimpan smiley emoticon kebanyakan menggunakan kode yang pertama. Oia mengingatkan kembali bagi yang pengen tahu cara membuat emoticon diatas kotak komentar silahkan KLIK DISINI.

Kembali ke pokok penjelasan, setelah diketahui masalahnya, kita tinggal membongkar file Js/javascript smiley kita. Dalam file Js tersebut terdapat kode berikut :

if(a) {
b = a.getElementsByTagName("DD");
for(i=0; i < b.length; i++) {
if (b.item(i).getAttribute('CLASS') == 'comment-body') {

dan kode berikut :

if(a) {
c = a.getElementsByTagName("DD");
for(i=0; i < c.length; i++) {
if (c.item(i).getAttribute('CLASS') == 'owner-Body') {


ganti kode berwarna merah diatas dengan kode berikut :

comment-body ganti dengan commenttext
owner-body ganti dengan commenttext-admin


Sehingga hasilnya seperti ini :

if(a) {
b = a.getElementsByTagName("DD");
for(i=0; i < b.length; i++) {
if (b.item(i).getAttribute('CLASS') == 'commenttext') {


if(a) {
c = a.getElementsByTagName("DD");
for(i=0; i < c.length; i++) {
if (c.item(i).getAttribute('CLASS') == 'commenttext-admin') {


INTINYA :
kalian hanya mencari kode warna merah dan menggantinya dengan kode yang saya berikan diatas.


Setelah selesai diganti kalian save file smiley.Js kalian dan upload kembali ke Hosting penyimpanan, untuk mengetahui cara mengupload file Js silahkan baca DiSINI.

Untuk yang malas membongkar file javascriptnya silahkan gunakan file javascript dibawah ini:

<script src='http://z33s.googlecode.com/files/smileyversi.js' type='text/javascript'/>


Jika file Js nya sudah kalian upload, sekarang tinggal kalian terapkan di template kalian. Biasanya kode tersebut disimpan diatas kode </body>
Untuk tahap - tahap pemasangan emoticon diatas kotak komentar dari awal bisa kalian baca DISINI.

Simpan template kalian dan lihat hasilnya sekarang.

Semoga bermanfaat dan saya ingatkan, cara diatas mungkin belum mutlak cocok untuk semua template. untuk yang emoticonnya sudah berhasil kalian bisa membaca artikel lain diblog ini. Hehehehe...

Terima kasih

No comments yet