Senin, 16 Agustus 2010

Menghilangkan Widget Di Homepage / Halaman Depan


Artikel Cara Menghilangkan Widget di halaman depan (Homepage) ini adalah kelanjutan dari artikel saya sebelumnya yang berjudul Menyembunyikan widget dihalaman tertentu. Jika kalian belum membacanya silahkan KLIK DISINI.


Cara menghilangkan widget berikut ini menggunakan CSS, dan caranya pun simple, Namun perlu saya katakan sebelumnya, Jika kalian menggunakan trik ini maka ketika template kalian simpan, Otomatis widget yang kalian hilangkan menggunakan kode CSS ini tidak akan muncul di elemen halaman kalian. Jadi jika kalian ingin merubah atau melakukan editing pada widgetnya, kalian harus menghilangkan dulu kode CSSnya.

Sebelum pemasangan kode CSSnya saya akan menjelaskan dulu bagian dari sebuah widgetnya.
Didalam template blogger kita, pasti kalian akan melihat kode awal salah satu widget seperti ini (Contoh widget follower):

<b:widget id='Followers1' locked='false' title='Followers ....' type='Followers'>

Keterangan bagian2nya:
Followers1 ==> ID widget
false ==> Widget tidak dikunci ( bisa didit )
Followers .... ==> Judul widget (yang biasa tampil sebagai judul sidebar)
Followers ==> Type dari widget (type yang lainnya seperti HTML,Profile, Category,dll)

Sekarang permasalahannya, apa hubungannya keterangan diatas dengan kode CSSnya...? OK, sekarang saya jelaskan. Jika kalian ingin menghilangkan widget dihalaman depan kalian harus menggunakan CSS berikut :

<style type='text/css'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
#ID{display:none}
</b:if>
</style>

Dalam kode CSS diatas Terdapat Kode #ID. ID tersebut bisa kalian ambil dari bagian HTML widget yang saya jelaskan tadi (saya rasa sekarang kalian faham hubungan kode diatas). Jadi jika kita ingin menghilangkan widget dari halaman depan/homepage, kita ambil contoh widget followers, kita gunakan css diatas menjadi seperti ini :

<style type='text/css'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
#Followers1{display:none}
</b:if>
</style>

Faham kan ...? Sekarang bagaimana kalo mau menghilangkan widget yang lainnya...? perhatikan kode HTML widget2 berikut :

<b:widget id='HTML28' locked='false' title='Pasang Iklan disini ...' type='HTML'>
<b:widget id='HTML14' locked='false' title='Friends Link ...' type='HTML'>


Disetiap kita menambahkan widget baru, pasti blogger secara otomatis akan memberikan ID berbeda pada setiap widget. Jadi jika kita mau menghilangkan widget yang lainnya gampang saja, kalian tinggal menghafal id widget yang akan kalian hilangkan.

Untuk widget yang memiliki judul kalian pasti akan dengan cepat mendapatkan ID tanpa harus bolak balik ke EDIT HTML terus ke ELEMEN HALAMAN karena kalian tinggal KLIK Ctrl+F lalu cari judul widgetnya dan kalian akan langsung melihat IDnya, untuk yang widget tanpa judul gimana...? apa harus diberi judul dulu terus di cari dulu IDnya terus hapus lagi judulnya ( wah ribet ya...), gini saja saran saya kalian buka elemen halaman Di Tab baru ( KLIK kanan Rancangan lalu pilih open new tab ), di elemen halaman kalian klik edit pada widget yang akan di hilangkan, setelah terbuka coba kalian maximize form edit itu dan lihat ujung keterangan di bagian paling atas, itulah ID widgetnya. Ketemu kan tanpa harus memberi judul dan menghapusnya.


** CARA PEMASANGAN PADA KODE TEMPLATE

Setelah kita mendapatkan ID dari widget yang akan kita hilangkan, sekarang masuk ke Sesi pemasangan CSS. ( saya pastikan kalian sudah masuk ke Rancangan --> EDIT HTML ( centang Expand Template Widget )

1. Kalian cari kode ]]></b:skin>
2. Simpan kode CSS tadi tepat dibawah kode ]]></b:skin>

Contoh untuk menghilangkan widget follower

]]></b:skin>

<style type='text/css'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
#Followers1{display:none}
</b:if>
</style>

Catatan : INGAT ...! Id follower diatas harus kalian ganti dengan ID widget yang akan kalian hilangkan, cara mendapatkan ID widgetnya seperti yang saya jelaskan di atas.

3. Simpan template.
4. Selesai.

Semoga ini dapat bermanfaat buat kalian para pembaca dan khususnya buat sahabat saya yang memberikan pertanyaannya kemarin. semoga jawaban saya bisa memuaskan. dan apabila ada kekurangan silahkan berikan komentarnya. Terima kasih.

No comments yet